Selasa, 02 April 2013

Cable UTP Pertemuan 2 (Jaringan Komputer)



Hub adalah Suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan pada topologi star. Hub dengan spesifikasi 10/100Mbps harus berbagi bandwidth dengan masing-masing port. Jadi ketika hanya satu PC yang menggunakan, akan mendapat akses bandwith yang maksimum yang tersedia. Namun, jika beberapa PC beroperasi atau di gunakan pada jaringan tersebut, maka bandwidth akan dibagi kepada semua PC, sehingga akan menurunkan kinerja jaringan.

Switch adanya jaminan masing-masing computer memiiki jaminan yang sama bandwithnya. Switch cut trough memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya. Sedangkan Switch store and forward merupakan kebalikan dari switch cut-through. Switch ini menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk meneriksa satu paket memerlukan waktu, tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.

Perbedaan Kabet Staight dan cross :

- Straight : Menghubungkan 2 perangkat yang sama 
   Contoh : PC - PC, Switch - Switch, Router - router, Router - PC, PC - Router
   Router dan PC merupakan asma karena sama-sama menggunakan kabel transmid data
- Cross : Menghubungkan 2 persangkat yang berbeda
  Contoh : PC - Switch, Switch - Router

Maksimal cable UTP & STP dari server ke work area adalah 100 meter 


--OSI LAYER--
Arsitektur jaringan (untuk mengirimkan data dari ujung ke ujung) . Standarisasi digunakan untuk memudahkan instalasi jaringan itu sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar