Rabu, 12 Juni 2013

VLSM, Access List, Wild Chart

Distance vector : semakin pendek jarak yang dipilih untuk meneruskan packet atau jaringan
-          Maksimal matrics 30
-          Routing update 30
-          Bandwith diabaikan

Dinamis routing : menentukan alamat protokol routing dan specifikasi network.

Untuk penggunaan local area network diharapkan menggunakan RIP. Tugas RIP adalah menyediakan mekanisme pertukaran informasi tentang rute, sehingga setiap router dapat melakukan update Table Routing.


Ip private tidak dapat diroutingkan di jaringan internet, yang dimaksud dengan IP PRIVATE adalah jaringan yang tidak diforwardkan hanya digunakan untuk kalangan sendiri. Jumlah alamat network private biasanya sering dikonfigurasi untuk mengolah sebuah jaringan. 

Konfigurasi routing RIP
-          Menentukan alamat protokol routing
-          Network (alamat network) menentukan alamat network yang ada disebelahnya.

VLSM adalah pengembangan mekanisme subneting, dimana dalam vlsm dilakukan peningkatan darikelemahan subneting klasik, yang mana dalam clasik subneting, subnet zeroes, dan subnet- ones tidak bisadigunakan. selain itu, dalam subnet classic, lokasi nomor IP tidak efisien.

Perhitungan IP Address menggunakan metode VLSM adalah metode yang berbeda dengan memberikan suatu Network Address lebih dari satu subnet mask.
1. Routing protocol yang digunakan harus mampu membawa informasi mengenai notasi prefix untuk setiap rute broadcastnya (routing protocol : RIP, IGRP, EIGRP, OSPF dan lainnya, bahan bacaan lanjut protocol routing : CNAP 1-2)
2. Semua perangkat router yang digunakandalam jaringan harus mendukung metode VLSM yang menggunakan algoritma penerus packet informasi. Dalam penerapan IP Address menggunakan metode VLSM agar tetap dapat berkomunikasi kedalam jaringan internet sebaiknya pengelolaan networknya dapat memenuhi persyaratan.

Access List berfungsi untuk memfilter  packet yang melalui router dan mengatur IP traffics dan dapat digunakan untuk memblokir IP yang melalui router.

Uty access adalah layanan yang dilakukan router untuk login access (membatasi traffic yang dibuka oleh routing).

Type access :
1.       Standart (darimana packet berasal) : melakukan pengecekan sources add saja dan secara umum protokol-protokol yang lewat melalui router itu permit atau dennit.
2.       Extended : memfilter semuanya dan secara spesifik dapat dipakai untuk permmit dan dennit

Number range : IP Standart (1-99,1300-1999) Extended (100-199, 2000-2699)

Testing standart 



0 -> memeriksa semua address bitsnya
1-> tidak melakukan proses pengecekan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar