Kamis, 06 Oktober 2011

resume 1 0ktober


Resume seminar tanggal 1 Oktober 2011
Narasumber       : Harry Widianto
Tema                  : Pengalaman Kerja
Penulis               : Dinda Dhayana      (11410100019)

‘ A person who never made a mistake never tried anything new ‘  ( Albert Einsten )
Arti dari kata bijak di atas adalah bahwa kesalahan akan mendapatkan suatu hikmah. Kita hidup tak luput dari kesalahan. Namun kesalahan tersebut adalah pembelajaran buat diri kita agar lebih baik. Kesuksesan pun memerlukan proses yang sangat panjang hal ini dapat kita lihat dalam diri kita sendiri contohnya, sampai saat ini kita masih belajar dari bangku TK – bangku perkuliahan yang penuh dengan persaingan. Hal tersebut juga ada di dunia pekerjaan, suatu pekerja yang sukses seperti project manager, analis, dll tidak semata-mata langsung sukses mereka juga memerlukan proses pembelajaran yang kuat dari pendamping yaitu guru baik dari guru diri sendiri maupun guru dari orang lain. Guru diri sendiri maksudnya kita belajar dari kesalahan yang kita peroleh sendiri. Guru dari orang lain , contohnya seperti dosen.

‘ You work is going to fill largepart of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work and the only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle. As with all matters of the heart, you will known when you find it. And like any great relationship, it just gets better and better as the years roll on. So keep looking until you find it. Don’t settle.’ (Steve Jobs)
Penjelasan dari kata bijak di atas hampir sama dengan sebelumnya. Apa yang dikatakan Almarhum Steve Jobs di atas terbukti ampuh karena dia tidak hanya sekedar menulis. Kita dapat melihat dengan keberhasilannya menjadi manager di perusahaan apple betapa suksesnya beliau saat menjabat sebagai manger. Garis besar dari kata bijak tersebut adalah kita harus memilih pekerjaan yang kita cintai karena itu semua sangat berpengaruh dan membantu dalam proses pekerjaan tersebut dan apa yang kita lakukan sekarang akan merefleksikan diri kita yang akan datang. Pekerjaan yang mendatangkan kesuksesan tidak begitu mudah namun kitalah yang mengubahnya menjadi mudah dan menjadi suatu kebanggaan dalam diri kita. Berusahalah mencintai pekerjaan itu dan ikhlaslah apa yang telah atau harus kita lakukan. Yakinlah kalau kita bisa dan mampu, bermimpilah karena dengan bermimpi suatu saat akan menjadi kenyataan. Kerja keras dan doa  harus selalu berada di sekililing kita agar kesuksesan datang menghampiri kita.
Kita sebagai seseorang yang berkecimbung dalam dunia teknologi informatika harus mempunyai prinsip ‘ Hidup untuk menciptakan tool untuk mempermudah orang-orang yang lain. ‘


Nara sumber      : Sri Hariani Eko Wulandari, S.kom
Tema                  : Komunikasi
Penulis                : Dinda Dhayana  (11410100019)



Komunikasi sangat penting dalam kehidupan. Kegagalan komunikasi dapat menyebabkan kerusuhan, mengancam karir, dan dapat menurunkan repotasi kita. Banyak contoh yang dapat kita lihat dalam kehidupan bermasyarakat tentang akibat kegagalan berkomunikasi. Kesulitan komunikasi dapat karena faktor-faktor, diantaranya jarak, belajar, susah menyampaikan apa yang dimaksud, miskomunikasi. Tidak peduli  apapun kesulitan yang kita hadapi harus selalu berkomunikasi karena komunikasi sangatlah penting.



Yang disebut customer dalam bagan di atas adalah orang yang berada di sekitar kita seperti partner kerja, orang tua, pimpinan, dll. Adapting to situation maksudnya adalah komunikasi secara non verbal dalam hal ini body language dan ekspresi yang baik sangat berpengaruh .
Adapun 10 hal yang membuat bisnis sukses :

Semangat kerja
2.     Intelligence and clarity of thinking
3.     Kemampuan berkomunikasi yang baik
4.      High energy level
5.       Inner peace
6.      Capitalizing of formative early life experiences
7.      Sederhana
8.      Strong family life
9.      Positive attitude
10.  Focus on ‘ doing the right things right’

Dalam hal tersebut komunikasi juga termasuk salah satu hal yang membuat bisnis sukses. Komunikasi adalah bagian penting untuk mempengeruhi orang lain dari apa yang kita inginkan. Komponen komunikasi meliputi, ide/gagasan, komunikator, penerima, pesan yang jelas, media yang tepat, strategi yang sesuai, memberikan persepsi yang seragam, panca indera penerima yang baik .
Jenis komunikasi dibagi menjadi 2, yaitu komunikasi perorangan (tatap muka langsung) keuntungan dari komunikasi ini adalah langsung mendapat feed back nya dan selanjutnya komunikasi berkelompok (seseorang yang berkomunikasi dengan sekelompokan orang banyak).

Prinsip dasar komunikasi
1.       Apapun yang kita lakukan adalah komunikasi  (sopan, tulus untuk mengkomunikasikan kepada orang lain)
2.       Cara kita memulai pembicaraan seringlah mencantumkan hasil komunikasi (sikap tubuh kadang membuat orang salah persepsi).
3.       Cara kita menyampaikan pesan selalu berpengaruh terhadap bagaimana pesan itu diterima dan dipahami.
4.      Pesan yang diterima bukan pesan yang ingin disampaikan.
5.      Komunikasi jalur 2 arah.

Bagaimana membangun percaya diri ?
1.        Persiapan
2.        Jangan menghafal presentasi dengan kata demi kata
3.       Kumpulkan dan susun ide-ide anda sebelumnya
4.       Berlatih di depan teman-teman
5.        Berfikir positive , anda perlu sukses dan harus sukses
6.       Larutkan dan tenggelamkan diri anda dalam suatu pembicaraan.

Cara agar dapat  mengkomunikasikan dengan baik, yaitu:
1.       Clear                    : kata-kata yang familiar, singkat dan mudah dipahami
2.       Concise                : apa yang disampaikan harus menyentuh hasil penuh dan berkata secukupnya
3.       Complete
4.       Courtecus             :menggunakan kata-kata positive dan sopan ( saya mengerti, silahkan )
5.       Correct                 : mengecek kebenaran seluruhnya, mengeja nama pendengar dengan baik
6.       Concreate             : memberikan contoh supaya paham

Komunikasi harus dilakukan dengan hati yang ikhlas, apapun kesulitan yang ada pada diri kita tetap harus menyampaikan komunikasi tersebut . Adapun cara agar komunikasi dapat sukses ,
1.       Penyamaan persepsi
2.       Terjun langsung
3.       Harus mempunyai empati
4.       Memperlakukan orang lain dengan lembut, jangan kasar atau membantah
5.       Membantu orang jangan demi fulus tapi harus tulus
6.       Hilangkan hambatan komunikasi apapun resikonya.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar