Selasa, 04 Oktober 2011

ksi pert 3,4

Pertemuan 3
Strategi IT adalah suatu teknologi yang sederhana yang dapat membentuk strategi bisnis dan memudahkan user untuk jalannya persaingan bisnis. Strategi IS adalah system yang memudahkan pengguna dan digunakan untuk menolong suatu organisasi dalam proses persaingan bisnis. Jika persaingan bisnis ingin berhasil maka yang harus dilakukan adalah menguatkan strategi bisnis diantaranya ancaman yang kuat buat customer dan supplier, persaingan dalam industry atau pasar, ancaman bersikap dalam keunggulan produk barang dalam pasar, dll. Adapula yang lain ,yaitu cost leader (mengubah menjadi biaya yang murah, menolong supplier dan customer untuk menurunkan haga barang, meningkatkan keuntungan), differentiation strategy, innovation strategy, grwth strategy, alliance strategy, lock in customers and suppliers (berusaha menanmkan brand pada produk kita), barriers to entry, include IT components in product, leverage investment in IT.
Beberapa nilai yang harus dilakukan untuk customer adalah focus pada pelanggan, kualitas harga dengan barang yang berkualitas pula, menawarkan produk yang mungkin dibutuhkan, menyediakan layanan yang berkualitas untuk pelanggan, dll.
Agility di sini menurut saya adalah suatu kecerdesan organisasi atau perusahaan untuk selalu mencari peluang dalam persaingan pasar dengan cara meningkatkan kualitas barang, strategi penjualan, layanan yang kualitas untuk pelanggan dan adanya inovasi baru.
Suatu perusahaan sebenarnya menggunakan IT untuk menghubungkan antara organisasi tersebut dengan customer, asset penjualan dan segala inovasi baru untuk produknya serta yang paling utama adalah dapat bertukar informasi penting antara customer dan perusahaan.
Membuat pengetahuan baru tentang perusahaan seharusnya secara konsisten dalam penciptaannya, menyabarkannya, dan membangun pengetahuan baru ke produknya dan pelayanan.
Pengetahuan eksplisit  terdiri data, dokumen dan barang yang tersimpan dalam data di computer. Tacit knowledge adalah pengetahuan yang hanya memperkerjakan orang hanya berfikir. Perusahaan membuat hal-hal tersebut tanpa diketahui perusahaan pesaing yang lain.
Pertemuan 4
Sumber daya komputasi dan komunikasi terdiri dari Hardware terbagi menjadi input device (camera,mouse,keyboard,dll), output device (printer,speaker,lcd,dll), system unit (cpu), storage (memory card,flashdisk,hardisk,dll), dan communication device(microphone).
Klasifikasi system teknologi informasi dibagi menjadi 2, yaitu menurut fungsinya dan menurut ukuran. Menurut fungsi terdiri dari embedded IT system ( melekat pada produk dan memungkinkan bisa merekam tayangan tv atau lift yang bisa diset waktu operasinya ), dedicated IT system ( dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus, misalnya atm ), general purpose IT system (digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum,contohnya PC). Menurut ukuran terdiridari mikrokontroler, mikrokomputer (PDA, notebook), workstation (RS/6000 44P), minicomputer, mainframe, supercomputer.
Software terbagi menjadi software system dan software aplikasi spesifik. Software system adalah software yang digunakan untuk mengelola dan mendukung operasi dari system computer dan system informasi yang didukung oleh system computer tersebut yang terbagi menjadi software system management ( OS, network management program, DBMS, system utilities, security monitor ) dan software pengembangan siste, ( programming language, programming editor, case ) sedangakan software aplikasi spesifik adalah software yang digunakan untuk mendukung suatu tugas aplikasi tertentu dan terbagi menjadi software aplikasi ( web browser, e-mail,word processing, spreadsheet, groupware) dan software aplikasi umum (business accounting sales, management transaction processing, e-commerce ).
Pengembangan perangkat lunak
·     System development life cycle adalah proses formal yang dilakukan tahap demi tahap secara berurutan yang spesifikasi dan persetujuan dalam bentuk tertulis dan peran pemakai secara terbatas.
·   Prototyping adalah kebutuhan yang ditentukan secara dinamis melalui percobaan yang prosesnya cepat, tidak formal, dan berulang dan dapat dipakai secara terus menerus berinteraksi dengan prototype.
· Package s/w adalah perangkat lunak komersial mengurangi kebutuan internal untuk mengembangkan program.
·   End user development adalah system yang dibuat ole pengguna akhir dengan menggunakan perangkat lunak generasi ke empat cepat dan tidak formaldan peran spesialis system informasi sangat sedikit.
·     Outsourcing adalah system yang dibuat dan seringkali dioperasikan oleh pihak luar.

Prinsip pemilihan perangkat lunak adalah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan (dana, ketersedian SDM bidang IT, budaya teknologi, komitmen dan keterlibatan semua pihak, dll). Kriterianya adalah, H/w compatibility (microkumputer, memory, disk, dll), s/w compability (operating environment), s/w quality (capabilities, online help, dll), training and documentation (tutorial, dokumen, training), vendor relations ( charging, warranty, new releases).

Tren penggunaan software saat ini adalah easy to use software(fasilitas bantuan,komunikatif, automatic guidance), multiplatform s/w (dapat digunakan pada berbagai lingkungan h/w dan OS), dukungan multimedia (menyediakan fasilitas untuk mengakses dan menampilkan data pada berbagai media baik teks, citra,suara,video), integrasi yang mudah dengan s/w aplikasi lain, mendukung aplikasi multiguna, mendukung untuk multiuser dan networking, mengakomodir pemilihan berbagai preferensi user (tampilan, format,style), icon based dan menu garfik.
Kesimpulannya adalah Sumber daya komputasi dan komunikasi terdiri dari software, hardware, dan brainware. Software adalah kumpulan intruksi untuk menjalankan aktivitas, software merupakan jembatan antara hardware dan brainware. Hardware merupakan peralatan fisik atau peripheral, contohnya printer, mouse, keyboard, dll. Brainware adalah pengoperasinya atau user .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar