Minggu, 11 September 2011

kegiatan perisan


Kegiatan OKK selanjutnya di STIKOM Surabaya adalah Perisan (Pengembangan Diri dan Wawasan) yang dilaksanakan pada 10 September 2011 ini diawali dengan tema “Motivasi” oleh Pak Bambang . Beliau menjelaskan bahwa motivasi adalah egala sesuatu yang membuat seseorang betingkah laku tertentu dan dapat pula diartikan sebagai kesediaan untuk menjelaskan tingkat upaya yang tinggi kea rah pencapaian tujuan organisasi. Intensity, bagaimana kerja keras seseoarng untuk memotivasi dirinya sendiri. Direction, harus ada tujuan tertentu agar diri seseorang menjadi termotivasi. Persistence, untuk keberhasilan diri juga ditentukan oleh lamanya waktu untuk mencoba.

Kebutuhan manusia terhadap motivasi, yaitu suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil tertentu tampak menarik atau dapat juga didefinisikan sebagai kekurangan yang dirasakan seseorang pada waktu tertentu. Menurut Maslow ada lima tingkat kebutuan manusia yang dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu :

  • Lowder ( dari eksternal ) à psikologi
Rasa aman
Berteman
  • Higher (dari internal )        à esteem (harga diri seseorang)
         Aktualisasi diri
 Pada teori Maslow ini dijelaskan bahwa kebutuhan motivasi akan terpenuhi dengan cara step by step. Menurut Clayton Alderfer, kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi :

  • Existence                              
  • Relatedness
  • Growth
Pada teori ini menjelaskan bahwa kebutuhan motivasi dapat dilakukan secara bersama-sama dengan lainnya. Pada teori Douglas McGreger, membagi manusia dalam dua kelompok, yaitu manusia malas ( pekerja namun sangat malas bekerja dan mempunyai ambisi yang rendah) dan manusia intelektual ( manusia yang suka bekerja).

Adapun sikap perubahan yang kita lakukan agar tingkat motivasi kita menjadi tinggi, yaitu :
  1. sikap proaktif
  2. melayani banyak bidang lain
  3. selalu siap berubah
  4. tampil terbaik agar orang lain puas
  5. wawasan luas dan minat beragam
  6. peduli keterpaduan kerja
  7. merefleksi kepribadian
  8. kerja berpikir dan berpikir untuk kerja
  9. work with plan dan plan to work
  10. fun-excitement-inspiring-dynamic
kesimpulan dari materi ini adalah motivasi yang terbaik adalah motivasi yang timbul dari dalam diri kita sendiri. J

Lalu materi selanjutnya adalah kewirausahaan. Tujuan mempelajari materi ini adalah untuk menumbuhkan kreatif, membangun motivasi dan merubah mindset mahasiswa tentang entrepreneur, dan kemampuan kreatif dan inovatif dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Entrepreneur dapat dibentuk melalui lahir, lingkungan, dan latihan. Entrepreneur sangat penting bagi kemakmuran suatu Negara karena dapat membuka lapangn kerja seluas-luasnya dan mengurangi angka kemiskinan di Negara kita. Adapula karakter-karakter seorang entrepreneur, diantaranya :

  1. Inovasi
  2. Pengendalian diri
  3. Kemauan kuat
  4. Tidak bergantung pada orang lain
  5. Kemampuan berorganisasi
  6. Mampu membaca peluang
  7. Adaptasi
  8. Kreatif
  9. Inisiatif
  10. Presepsi
  11. Tegas
  12. Mampu mengajak orang lain

Kesimpulan dari materi ini adalah janganlah ragu untuk mengambil suatu keputusan, kegagalan adalah hal yang wajar dalam entrepreneur dan jadikanlah kegagalan menjadi jembatan untuk jalannya kesuksesan yang akan kita raih. Keuntungan besar akan ada di hadapan kitaa….semangat !! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar